Kamis, 13 Mei 2010

Kata-Kata Bijak Di Dalam Al Quran 3

1.Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya.
2.Laki-laki adalah menjadi tulang punggung bagi kaum ibu.
3.Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
4.Dan adapun nikmat Tuhanmu, maka beritakanlah.
5.Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan ridha dan diridhai. Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hambaKu, dan masuklah ke dalam surgaKu.
6.Hai manusia, apakah yang memperdayakanmu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu yang maha mulia.
7.Dan kami jadikan tidur kamu melepas lelah, dan kami jadikan malam itu sebagai pakaian, dan kami jadikan siang untuk penghidupan (mencari rezeki).
8.Janganlah engkau gerakkan lidahmu untuk membaca Al Quran karena hendak cepat-cepat dengannya (untuk menghafalkannya). Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya.
9.Hanya sesungguhnya harta-harta kamu dan anak-anak kamu adalah cobaan.
10.Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, sesungguhnya sebahagian prasangka itu adalah dosa. Dan janganlah kamu mencari keburukan orang dan janganlah sebahagian kamu menggunjing atas sebahagian yang lain.
11.Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Sedangkan akhirat itu, sungguh lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa.
12.Katakanlah, "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasi kepada siapa yang dikehendakiNya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".
13.Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada ibu-bapaknya.
14.Dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat mencegah dari yang keji dan yang mungkar.
15.Dan carilah dengan apa yang dianugerahkan Allah kepada engkau akan negeri akhirat dan janganlah engkau melupakan bagianmu di dunia.
16.Barangsiapa yang datang dengan kebaikan, maka baginya pahala yang lebih baik daripada kebaikannya itu. Dan barangsiapa yang datang dengan kejahatan, maka orang yang berbuat kejahatan itu tidak dibalas melainkan (seimbang) dengan apa-apa yang mereka kerjakan.
17.Laki-laki yang berzina tidak nikah melainkan dengan perempuan yang berzina atau perempuan musyrik. Dan perempuan yang berzina tidak menikahinya melainkan laki-laki yang berzina atau laki-laki yang musyrik. Dan diharamkan demikian atas orang-orang mukmin.
18.Hai orang-orang yang beriman, janganlah masuki rumah yang bukan rumahmu sehingga kamu minta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagi kamu supaya kamu memperoleh pengajaran.
19.Dan janganlah engkau berjalan di bumi dengan sombong.
20.Apakah yang mencipta sama dengan yang tidak mencipta.
21.Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, kamu tidak dapat menghitungnya.
22.Hai sekalian manusia, sungguh telah datang kepada kamu pengajaran dari Tuhanmu (Al Quran), penyembuh penyakit-penyakit dalam dada.
23.Allah tidak mengubah nasib suatu kaum kecuali mereka mengubah nasibnya sendiri.
24.Sesungguhnya Dialah yang menjadikan tertawa dan menangis.
25.Adapun orang yang memberi dan bertakwa, dan membenarkan kebaikan, maka akan Kami mudahkan baginya jalan yang mudah. Dan adapun orang yang bakhil dan merasa lebih kaya, dan mendustakan kebaikan, maka akan Kami memudahkan baginya jalan yang sukar.
26.Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya.
27.Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
28.Dan rahasiakanlah perkataanmu itu atau lahirkanlah, sesungguhnya Dia Maha Mengetahui isi hati.
29.Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.

Sumber:
PT. Sari Agung, Al Quran Terjemah Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar