Senin, 14 April 2014

Hadits Nabi Muhammad Pilihan 7

"Sesungguhnya kalian akan melihat seperti itu. Allah akan mengumpulkan manusia pada Hari Kiamat. Kemudian Allah berkata, 'Barangsiapa yang menyembah kepada sesuatu, maka ikutilah sesuatu tersebut.' Maka orang yang menyembah matahari akan mengikuti matahari, orang yang menyembah bulan akan mengikuti bulan, dan orang yang menyembah thaghut akan mengikuti thaghut. Dan, yang tersisa adalah umat ini, di dalamnya terdapat orang-orang yang memberi syafaat atau orang-orang yang munafik.-Ibrahim Ibnu Sa'ad ragu-Mereka lalu didatangi oleh Allah. Kemudian Allah berkata, 'Aku adalah Tuhan kalian.' Mereka menjawab, 'Ini adalah tempat kami sehingga Tuhan kami mendatangi kami, apabila Tuhan kami datang kepada kami, niscaya kami mengetahuinya.' Kemudian Allah mendatangi mereka dengan bentuk yang mereka kenali. Allah lalu berkata, 'Aku adalah Tuhan kalian.' Mereka berkata, 'Engkau adalah Tuhan kami.' Kemudian mereka mengikut Allah dan dibuatlah Shirath di antara punggung Jahannam. Maka aku dan umatku adalah orang pertama yang (berhasil) melewatinya. Dan, pada saat itu tidak ada yang berbicara kecuali para rasul, sedangkan doa yang dipanjatkan para rasul pada saat itu adalah 'ya Allah selamatkanlah, selamatkanlah.'
Di dalam Jahannam ada besi pengait yang seperti duri as-sa'dan, hanya saja tidak ada yang mengetahui seberapa besarnya, kecuali Allah. Para manusia direnggut oleh amal-amalannya. Ada sebagian di antara mereka yang celaka disebabkan amal perbuatannya-atau yang ditetapkan disebabkan amal perbuatannya, (atau sebagian di antara mereka ada orang mukmin yang bisa tetap disebabkan amal perbuatannya- atau ada yang celaka disebabkan amal perbuatannya). Dan ada sebagian di antara mereka yang mabuk atau yang diberi balasan atau yang semisalnya. Selanjutnya Allah menampakkan diri, sehingga ketika Allah telah selesai memberi keputusan kepada hamba-hambaNya dan Allah ingin mengeluarkan orang-orang yang dikeluarkan dari neraka dengan rahmat-Nya, maka Allah akan memerintahkan para malaikat untuk mengeluarkan dari neraka orang-orang yang tidak menyekutukan Allah dengan apa pun. Yaitu orang-orang yang dikehendaki Allah mendapatkan rahmat-Nya berupa orang-orang yang bersaksi bahwasanya tiada Tuhan selain Allah. Kemudian para malaikat dapat mengenali mereka dengan tanda berupa bekas sujud. Neraka memakan anak Adam kecuali bekas sujud. Kemudian para malaikat mengeluarkan mereka yang telah terbakar, lalu mereka disiram dengan air kehidupan. Maka tumbuhlah mereka di bawahnya sebagaimana tumbuhnya bijian yang dibawa oleh banjir.
Selanjutnya, Allah selesai memberi keputusan kepada hamba-hambaNya, dan yang tersisa di antara mereka adalah laki-laki yang wajahnya menghadap ke arah neraka. Laki-laki itu adalah orang terakhir penduduk neraka yang masuk ke dalam surga. Laki-laki itu kemudian berkata, "Wahai Tuhanku, palingkanlah wajahku dari neraka, karena sesungguhnya angin neraka telah mencelakakan aku, dan kobaran apinya membakarku.'
Laki-laki itu berdoa kepada Allah dengan memanjatkan doa yang diinginkannya. Selanjutnya Allah berkata, 'Seandainya Aku memberi kepadamu hal tersebut, apakah engkau tidak akan meminta yang lain lagi?' Laki-laki itu berkata, 'Tidak, demi keluhuran-Mu, aku tidak akan meminta yang lain lagi.' Laki-laki itu lalu memberikan sumpah dan janji yang dikehendaki. Kemudian Allah memalingkan wajah laki-laki itu dari api neraka. Tatkala wajah laki-laki itu menghadap ke surga dan melihat surga, maka laki-laki itu terdiam selama waktu yang dikehendaki Allah. Selanjutnya, laki-laki itu lalu berkata, 'Wahai Tuhanku, dekatkanlah aku pada pintu surga.' Allah kemudian berkata kepada laki-laki itu, 'Bukankah engkau telah memberikan sumpah dan janji bahwa selamanya tidak akan meminta selain yang Aku beri? Celakalah engkau wahai anak Adam, sungguh engkau telah berkata bohong.' Laki-laki itu berkata, 'Wahai Tuhanku.' Laki-laki itu lalu berdoa kepada Allah hingga akhirnya Allah berkata, 'Seandainya Aku memberikan kepadamu hal tersebut, apakah engkau akan meminta yang lain lagi?' Laki-laki itu berkata, 'Tidak, demi keluhuran-Mu, aku tidak akan meminta yang lain lagi.' Laki-laki itu lalu memberikan sumpah dan janji yang dikehendaki.
Kemudian Allah mendekatkan laki-laki itu ke pintu surga. Tatkala laki-laki itu berdiri di pintu surga, maka surga terbuka di hadapannya. Laki-laki itu melihat apa yang ada di surga berupa kegembiraan dan kesenangan. Kemudian laki-laki itu diam selama waktu yang dikehendaki Allah. Selanjutnya laki-laki itu berkata, 'Wahai Tuhanku, masukkanlah aku ke dalam surga.' Allah kemudian berkata kepada laki-laki itu, 'Bukankah engkau telah memberikan sumpah dan janji bahwa selamanya tidak akan meminta selain yang Aku beri? Celakalah engkau wahai anak Adam, sungguh engkau telah berkata bohong. Kemudian laki-laki itu berkata, 'Wahai Tuhanku, janganlah engkau jadikan aku makhluk-Mu yang paling celaka.' Tidak henti-hentinya laki-laki itu berdoa hingga akhirnya Allah tersenyum.
Tatkala Allah tersenyum, Allah berkata kepada laki-laki itu, 'Masuklah kamu ke dalam surga.' Tatkala laki-laki itu masuk ke dalam surga, maka Allah berkata, 'Berharaplah.' Kemudian laki-laki itu meminta kepada Tuhannya dan berharap, sehingga Allah mengingatkan laki-laki itu dan berkata, 'Berharaplah begini dan begitu.' Hingga habislah harapan-harapan laki-laki itu. Kemudian Allah berkata, 'Ini adalah untukmu, dan engkau mendapatkan yang semisalnya."
Sumber:
Syaikh Fathi Ghanim, Kumpulan Hadits Qudsi Pilihan, Penerbit Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar